| | 23 Oktober 17
Link Web
 SmartToolkit
Info URL
 
Review

SmartToolkit

Merubah Interface Ponsel seperti Desktop Komputer

 

UNIKOM CENTER

Universitas Komputer Indonesia

Jl.Dipatiukur 112-114 Bandung

Demo Version:

http://sms.unikom.ac.id/smarttoolkit/

 

 

ABSTRAK

 

Perkembangan Teknologi Mobile semakin hari semakin canggih, dukungan para vendor perangkat lunak sangat diharapkan untuk mendapatkan sebuah ponsel yang memiliki aplikasi yang mudah untuk digunakan. Untuk mengatasi itu kami mengembangkan aplikasi yang dinamakan dengan SmartToolkit, yang berguna untuk merubah tampilan Ponsel menjadi layaknya sebuah desktop PC.

 

Kata kunci: SmartToolkit,  

 

 

SmartToolkit merupakan aplikasi berbasis Windows Mobile Smartphone yang mengimplementasikan ke-efektifan dan ke-efisienan tatap muka (User Interface) komputer desktop ke dalam suatu perangkat ponsel.

 

SmartToolkit menambahkan dan memperbaiki fungsi-fungsi penting yang belum tersedia pada ponsel, diantaranya Start Menu; Task Manager; Fasilitas Copy, Cut, Paste; Print Screen; Gadget; Scheduler, hingga Screen Saver dan Global Hotkeys.

 Tampilan Desktop Ponsel

smtk

 

Device berbasis mobile seperti ponsel hanya memiliki sumber daya yang kecil, baik itu power (batrai), memory, processor maupun storage, oleh karena itu SmartToolkit dibangun dengan kebutuhan yang seminimal mungkin dan se-efisien mungkin, sehingga dengan satu aplikasi SmartToolkit saja, dapat menangani semua fasilitas yang ditawarkan.

 

Pengembangan Aplikasi

 

SmartToolkit dibangun dengan menggunakan bahasa C++ (native), sehingga memungkinkan untuk dimodifikasi agar dapat digunakan pada operasi sistem lainnya, seperti Symbian, Linux, Android dan Windows Mobile Professional (PPC). SmartToolkit juga hanya menggunakan Library Open Source berlisensi GNU-GPL atau sederajat untuk mendukung keperluan aplikasi, diantaranya library PNG dan Zlib, dan tidak memerlukan library dan framework tambahan seperti Microsoft .NET Framework dan sebagainya.

 

Kebutuhan Sistem

 

Saat ini SmartToolkit hanya kompatibel untuk ponsel yang memiliki operasi sistem Microsoft Windows Mobile Standard ( Smartphone ) 2003, 5, 6 dan 6.1. SmartToolkit dapat berjalan pada semua resolusi yang didukung olwh Windows Mobile, mulai dari QQVGA (176x220), QVGA (240x320) dan QVGA Landscape (320x240). SmartToolkit tidak memerlukan instalasi aplikasi lain atau Microsoft .NET Framework untuk dapat berjalan.

Instalasi

 

Di mulai dari versi 1.00-RC7, SmartToolkit sudah dipaket berupa file instalasi berekstensi (CAB), yang dapat dijalankan langsung pada device/ponsel dengan cara standar.  Copy file dari PC ke device/ponsel, lalu jalankan file instalasi tersebut dengan menggunakan file manager, dan ikuti perintah yang ditampilkan. Applikasi dapat di download di

http://sms.unikom.ac.id/smarttoolkit/

 

Fungsi-fungsi Utama SmartToolkit

 

smtk2

Start Menu

 

SmartToolkit menawarkan Start Menu yang didesain seperti tampilan Start Menu pada Windows Vista/XP. Tampilan interface disesuaikan dengan warna sistem yang sedang digunakan. Efek transparan juga ditambahkan untuk menambah kesan yang lebih elegan dan profesional. Tampilan Start Menu dapat diubah sesuai dengan keinginan melalui skins.

 

 

Start Menu pada SmartToolkit memiliki 6 buah quick launcher/favorite yang dapat diubah sesuai dengan keinginan, All Programs yang akan menampilkan semua aplikasi yang telah dimasukan, My Schedules untuk mengatur penjadwalan, My Device untuk menampilkan file-file System, Storage Card untuk menampilkan file-file pada kartu memori, Control Panel untuk melakukan setting/pengaturan, dan System Power untuk melakukan aktifitas Lock Keypad, Reboot, Shut Down dan Exit.

 

My Schedules

 

Fungsi penjadwalan pada SmartToolkit berbeda dengan fungsi penjadwalan pada kalender standar Windows Mobile, Fungsi ini lebih menitik beratkan pada layanan penjadwalan sistem, atau yang lebih dikenal dengan Task Schedules pada Windows atau Crontab pada Linux.

 

My Scheduls pada SmartToolkit dapat digunakan sebagai Alarm, Menjalankan Aplikasi pada waktu tertentu, Mengganti profil pada waktu tertentu, Reboot atau Shutdown pada waktu tertentu.

 

Clipboard dan Dpad Navigator

 

Seperti hal-nya pada PC Desktop, ponsel juga memerlukan fasilitas Clipboard yang memiliki fasilitas Copy, Cut dan Paste. SmartToolkit menawarkan fasilitas tersebut ketika pengguna tengah melakukan editing teks. Fasilitas yang didukung clipboard ini diantaranya: Select Text, Copy, Cut, Paste, Select All, Undo, Redo dan Clear All.

 

Keterbatasan alat input pada device/ponsel dapat mengurangi ke-efektifan navigasi pada device/ponsel, oleh karena itu SmartToolkit menawarkan fungsi Dpad Navigator yang dapat mengubah fungsi keypad ( tombol 1 – 9, *, 0, # ) pada device/ponsel menjadi alat navigasi 9 arah. Home, Up, Pg Up, Left, Enter, Right, End, Down, dan Pg Down.

 

Taskbar / Task Manager

 

Windows Mobile Smartphone merupakan sistem operasi Multitasking yang memungkinkan untuk melakukan banyak kegiatan secara bersamaan, Kelemahan utama pada Windows Mobile Smartphone adalah tidak tersedianya Task Manager yang mudah untuk digunakan. SmartToolkit menawarkan fasilitas TaskManager yang dapat dengan mudah diakses dan digunakan untuk berpindah dari satu jendela (task) ke jendela lainnya, atau menutup aplikasi/task yang dimaksud.

 

Gadgets

 

Gadgeds pada SmartToolkit merupakan aplikasi tambahan yang dapat dibangun terpisah dari aplikasi SmartToolkit, Fasilitas ini digunakan lebih pada tampilan informasi dan setting.

 

Beberapa gadgets yang dipaket bersama SmartToolkit diantaranya:

l        Key Lock – Untuk mengunci keypad

l        Popup Launcher – Untuk menampilkan listing program berupa menu popup

l        Program Launcher – Untuk menampilkan Shortcut program

l        Volume Control – Untuk Mengatur volume sistem

l        Profile – Untuk mengubah profil.

 

Hotkeys

 

Hotkeys pada SmartToolkit berfungsi untuk akses langsung fungsi SmartToolkit atau menjalankan aplikasi. Dengan fasilitas ini user dapat mengatur tombol-tombol pada ponsel dengan cara penekanan tombol yang diinginkan untuk menjalankan fungsi yang diinginkannya. User dapat men-set tombol Red/hangup dengan diikuti tombol keypad “1” untuk menjalankan aplikasi Windows Media Player. Atau menekan tombol enter selama 1 detik untuk menjalankan fungsi clipboard.

 

PrintScreen

 

Fasilitas Print Screen kadang diperlukan untuk kebutuhan dokumentasi pada developer Windows Mobile. SmartToolkit menawarkan fungsi Screen Capture yang mudah digunakan dan memiliki efektifitas yang tinggi untuk digunakan pada device yang memiliki keterbatasan fasilitas input ini.

 

Auto Keylock dan ScreenSaver

 

Windows Mobile Smartphone tidak mendukung fasilitas Auto Keylock ataupun Screensaver. SmartToolkit menawarkan kedua fasilitas tersebut dengan settingan yang lengkap dan mudah digunakan.

Personalisasi dan Pengaturan

 

SmartToolkit dilengkapi dengan fasilitas personalisasi dan pengaturan yang lengkap, dimulai dari skinning ( tema tampilan ) yang mudah untuk dibuat dan banyak juga tersedia secara online ( oleh pihak ketiga),  Icon-set, Tampilan ScreenSaver, Pengaturan gadgets, Auto Start, dan sebagainya. Fungsi ini dapat diakses melalui Start Menu → Control Panel.

 

Demikianlah sekilas informasi mengenai produk SmartToolKit, informasi dan saran silahkan kirim ke email penulis diatas: